Monday, June 20, 2011

Makna Ciuman dalam Ilmiah

Makna Ciuman Dilihat Dari Sisi Ilmiah
Peneliti dari Lafayette College di Pennsylvania telah menemukan jawaban mengapa berciuman dapat membuat sepasang manusia bahagia. Peneliti mengatakan bahwa ketika bibir 'terkunci' sebenarnya terjadi percikan peningkatan hormon di dalam otak, seperti dilansir Foxnews, Sabtu (30/4/2011).

Karena adanya serangkaian proses kimia yang kompleks, pasangan yang berciuman akan mengalami kombinasi perasaan, dari relaksasi, sukacita dan cinta.

Memegang tangan (bersentuhan) dan berciuman juga dapat mengurangi kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Jadi tidak mengherankan bila banyak yang menganggap bahwa berciuman adalah cara yang mudah untuk menghilangkan stres.

Ciuman dapat mentransfer informasi dan membuat seseorang mengenal kepribadian pasangannya lebih dalam. Pertukaran informasi tersebut disebabkan oleh sinyal kimia, yaitu feromon yang juga digunakan oleh hewan untuk menyampaikan pesan.

Berdasarkan penelitian di University of Albany terhadap 1.041 partisipan, diketahui bahwa pria umumnya senang melakukan ciuman ala French yang basah karena air liurnya mengandung testosteron, yang dapat memicu libido wanita.

"Ada bukti bahwa air liur memiliki testosteron di dalamnya dan testosteron dapat meningkatkan dorongan seks. Ada bukti bahwa orang-orang yang berciuman dengan mulut terbuka secara tidak sadar mereka mencoba mentransfer testosteron untuk merangsang dorongan seksual pada wanita," kata Helen Fisher, anthropologist Rutgers University.

Menurut Fisher, pria dapat mentransfer air liur untuk menilai kesuburan wanita dan siklus estrogen. Para ahli lainnya juga menyebutkan bahwa pria dapat memancing estrogen wanita, yang juga merupakan detektor apakah wanita tersebut mandul atau tidak.

Dan tahukah Anda ketika seseorang berciuman sederhana (kecupan) ada dua otot wajah yang aktif, sedangkan ketika melakukan ciuman yang bergairah maka semua otot (34 otot) yang ada di wajah ikut aktif.

Ternyata banyak hal yang terjadi pada saat ciuman, seperti yang dikemukakan ahli mengenai Makna Ciuman Dilihat Dari Sisi Ilmiah dan menarik buat di simak :

No comments:

Post a Comment