Friday, July 29, 2011

Perjalanan Indoensia Menuju Piala Dunia 2014

Timnas Indonesia mulai memperlihatkan tajinya di ajang kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (28 Juli) malam, tim Merah Putih berhasil lolos ke babak ketiga setelah mengalahkan Turkmenistan dengan skor tipis 4-3 di leg II babak kedua. Indonesia unggul agregat 5-4 setelah laga pertama bermain imbang 1-1.

Mendapat dukungan sekitar 75 ribu penonton, Firman Utina dkk langsung memberikan penekanan sejak peluit dibunyikan. Hasilnya, Cristian Gonzales langsung merobek jala Maksatmyrat Shamuradov di menit kesembilan dan menggandakannya pada menit 18.

Muhammad Nasuha menambah gol buat tim Garuda tiga menit menjelang akhir babak pertama lewat tendangan keras dari luar kotak penalti dan bersarang di sudut gawang Shamuradov. Ridwan menyempurnakan kemenangan Indonesia di menit ke-75.

Indonesia nyaris saja gagal lolos setelah akhir babak kedua. Pasukan Wim Rijsbergen malah kebobolan tiga gol, dua diantaranya di saat tim Turkmenistan tinggal berlaga 10 pemain. Untungnya, Dewi Fortuna masih menaungi timnas Indonesia.

Meski sudah lolos ke babak ketiga, tapi perjuangan Indonesia untuk bisa tampil di Piala Dunia 2014 di Brasil masih panjang dan berat. Pasalnya, timnas Indonesia masih menghadapi 19 negara Asia lainnya di babak ketiga yang menggunakan sistem grup.

Berdasarkan peringkat FIFA terakhir yang menempatkan Indonesia di urutan 137, maka Firman Utina dkk berada di Pot 4 bersama Korea Utara, Thailand, Singapura dan Lebanon. Dari undian yang akan dilaksanakan di Rio De Janiero, 31 Juli besok, Indonesia bakal berada satu grup dengan raksasa-raksasa Asia.

Di Pot 1 ada Jepang, Australia, Korea Selatan, Iran dan China. Sementara di Pot 2 diisi Uzbekistan, Qatar, Jordania dan Arab Saudi. Sementara penghuni Pot 3 adalah Bahrain, Suriah, Oman, Irak dan Uni Emirat Arab.

Babak ketiga kualifikasi PD 2014 Zona Asia akan dimulai pada 2 September hingga 29 Februari 2012 dan Indonesia bakal menjalani enam laga yang berat. Dari lima grup yang ada, hanya juara serta runner up yang berhak melaju ke fase keempat.

"Fase berikutnya akan sangat sulit. Dengan berisi empat negara tiap grupnya, kalau ingin lolos kita harus menempati posisi pertama atau kedua," kata pelatih Indonesia, Wim Rijsbergen, Kamis (28/7/2011).

"Yang pertama akan kita lakukan adalah mengetahui negara-negara mana saja yang akan kita hadapi, kemudian kita akan melakukan segala hal untuk mengumpulkan informasi tentang lawan," lanjut pria asal Belanda itu.

Di putaran ketiga ini, tim 'Merah Putih' berpotensi bertemu negara-negara Asia dengan tradisi sepakbola kuat semacam Jepang, Korea Selatan, Iran, Australia, atau China. Rijsbergen menganggap hal ini sebagai keuntungan karena para pemainnya punya kesempatan untuk beradu kekuatan dengan lawan berkelas.

"Ini bagus untuk pemain karena mereka bisa meningkatkan pengalaman bertandingnya. Ini bagus untuk masa depan dan perkembangan mereka," ujarnya.

Rijsbergen berharap kelemahan-kelemahan dalam laga kontra Turkmenistan bisa segera ditambal dan timnas akan makin tangguh saat bertarung di fase berikutnya.

"Kita akan melihat video pertandingan dan mendiskusikannya dengan para pemain. Dari hal ini, mereka harus belajar dan tak mengulangi kesalahan. Kami masih punya banyak pekerjaan," simpulnya.

Jika Indonesia lolos ke babak keempat, masih ada lagi fase grup yang harus dijalani pada 3 Juni 2012 hingga 18 Juni 2013. Juara dan runner up dari dua grup yang ada berhak lolos langsung mendapat tiket ke Brasil.

Sementara untuk peringkat ketiga grup akan menjalani empat laga di fase playoff. Mereka akan melawan salah satu diantara wakil dari zona CONCACAF, CONMEBOL ataupun Oseania untuk menentukan tiket terakhir menuju Piala Dunia Brasil 2014, yang dimulai 12 Juni 2014.

No comments:

Post a Comment