Saturday, August 6, 2011

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang di Hack ala Doni Aliyanto


Hi, kawan.. Pada kesempatan ini saya akan membahas Cara Mengembalikan Akun Facebook yang di Hack. Sebenarnya artikel ini sudah saya tulis pada bulan Juli, tapi baru sempat saya terbitkan sekarang, hehe..
Mengapa saya mengambil topik ini ? Ya, saya mengambil topik ini karena ada beberapa teman saya yang mengeluh karena facebooknya di hack, di acak-acak orang, tidak bisa login, passwordnya di ganti orang lain dan sebagainya.
Rata-rata yang menjadi incaran orang yang usil adalah 'cewek' (yang sabar ya) hehe. Nah, saya langsung terinspirasi untuk menulis artikel ini..

Sebelum membahas cara mengembalikan akun facebook yang di hack, saya akan membahas hal-hal yang ada hubungannya dengan hack.
Hmm, menurut saya hacker merupakan orang yang bisa merusak sistem keamanan, mencuri data orang lain. Selain itu hacker mempunyai suatu skill / keahlian dalam menganalisa kelemahan / bug suatu aplikasi, situs web, sistem jaringan dan sebagainya.
Orang yang disebut hacker yang hebat pasti mempunyai pengetahuan yang tinggi dalam sistem keamanan komputer. Siapa yang berminat menjadi hacker? :)

Tidak selamanya hacker itu jahat lho, menurut informasi yang saya dapat, jenis hacker ada yang jahat dan ada juga yang baik. Hacker yang jahat disebut Black Hat Hacker, yaitu pengguna komputer yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.
Sedangkan hacker yang baik disebut White Hat, yaitu pengguna komputer yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.
(saya mengambil istilah dan pengertian black hat dan white hat dari http://id.wikipedia.org/)

Lanjut . .

Menurut kasus yang pernah saya tangani (^o^), biasanya 'orang yang usil' pasti punya maksud tersendiri. saya tidak tahu yang pasti, mungkin ada faktor tidak suka atau sekedar iseng pingin sekali mengotak-atik akun facebook.
Sasaran utama pada umumnya yaitu facebook temannya sendiri. Menurut analisa saya, orang yang menyusup facebook orang lain pasti ingin tahu rahasia di dalam facebook yang dimasukinya. Misalnya saja membaca inbox, menulis status yang meresahkan user facebook yang bersangkutan, dan sebagainya.
Bagaimana perasaan Anda bila hal tersebut menimpa kita? Oh tidak !!! pasti tidak kepingin kan? :)

Hal itu dapat dilakukan 'orang yang usil' mungkin dari kelalaian user facebook itu sendiri. Misalnya saja online di warnet, tapi lupa logout akunnya, itu sangat berbahaya sekali. Kemungkinan besar pasti dilihat-lihat dulu dalamnya, lalu di acak-acak :o Kecuali kalau orang lain yang membuka facebook Anda langsung di logout, Anda sangat beruntung sekali karena orang tersebut baik hati ?, tapi apakah semua orang seperti itu semua? Hehe.

Kemudian user facebook tidak mengatur privasinya, terutama privasi email. Ubah privasi email Anda (Baca : Cara Menyembunyikan Alamat Email Facebook). Kalau email kita dapat dilihat umum dan kebetulan password facebook kita adalah tanggal-bulan-tahun lahir kita lalu ada orang yang kebetulan mengetahui tanggal-bulan-tahun lahir kita terus iseng melakukan eksperimen/ coba-coba masuk ke facebook kita :o dan ternyata setelah klik tombol masuk orang itu dapat memasuki halaman beranda, oh betapa senang/ bahagiaya orang itu karena diam-diam masuk ke facebook kita, tidak!!! Pasti kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi.

So, janganlah membuat password dengan tanggal-bulan-tahun lahir
Kalau berbicara soal privasi biodata, kutipan, dan sebagainya (tidak berhubungan dengan email) saya sarankan di atur juga. Saya menyarankan hanya teman saja yang dapat melihat biodata Anda (saya tidak memaksa lho, itu cuma saran)

Ah, terlalu banyak bicara !!! okelah langsung saja ya, saya akan membuat pemisalan jika Anda tidak bisa masuk ke facebook
Misalnya saja Anda menggunakan Mozilla Firefox, dan Anda ingin login facebook. Tiba-tiba setelah mengetikkan email dan password terdapat tulisan kurang lebih seperti ini : email dan kata sandi yang Anda masukkan tidak cocok.
Bila terjadi hal seperti itu coba cookies yang ada di browser Anda di hapus. Caranya klik Tools - Clear Recent History, Silakan centang kotak Cookies. Kalau sudah silakan login lagi.

Kalau masih tidak ngefek berarti ada kemungkinan akun Anda telah diakses orang lain dan password Anda telah diganti. Hmm, jangan panik ya :)
Silakan klik link forgot password / lupa kata sandi Anda? (biasanya di dekat form login)

Kemudian Anda disuruh memasukkan kode text captca dan email facebook Anda. Isikan kode text captca, masukkan saja sesuai gambar yang telah ditampilkan. Kemudian masukkan email facebook Anda. Klik Continue (NB : Kalau Anda mereset password facebook lewat Ponsel tombolnya tidak Continue, tapi Reset Password)



Nah, setelah itu pihak facebook akan mengirimkan kata sandi baru ke email Anda.

(Sampai langkah ini, saya memastikan bahwa Anda dapat login ke email yahoo/ gmail Anda, kalau tidak bisa login beda lagi ceritanya, karena langkah Anda untuk memulihkan akun facebook Anda akan terhenti disini. Hmm sebenarnya jika lupa kata sandi email Anda harus bisa menjawab 2 pertanyaan lupa kata sandi pada saat pertama kali Anda membuat email.
Saya juga menyarankan, janganlah membuat password email yahoo/ gmail dan password akun facebook Sama Persis. Usahakan passwordnya berbeda. Kalau Sama Persis dan kebetulan 'orang yang usil' nya Smart pasti password email Anda akan diganti juga. Lalu bagaimana nasib email kita?)

Silakan login email yahoo/ gmail Anda, kemudian buka inbox, baca kiriman email dari facebook.



Anda disuruh memasukkan kode konfirmasi yang telah dikirimkan ke email Anda oleh pihak facebook (tadi). Kemudian Anda disuruh membuat kata sandi yang baru agar bisa login lagi. Saya sarankan membuat kata sandi yang kuat (Baca : Membuat Strong Password)



Kalau sudah beres, saya mengucapkan Congratulation karena facebook Anda sudah pulih kembali :)

Ini pemisalan yang kedua :
Jika Anda merasa email facebook yang Anda gunakan itu sudah tidak aman lagi, saya sarankan untuk membuat email baru (baca : Cara Membuat Email Di Yahoo). Kalau email barunya sudah terbuat, Silakan menuju menu Akun - Pengaturan Akun. Perhatikan Kata Email, silakan klik ganti kemudian tambahkan email baru Anda, Silakan hapus Lama Anda. Nanti Anda dapat pemberitahuan bahwa Anda harus mem-verifikasi ulang akun facebook.



Langkah selanjutnya adalah login ke email yahoo/ gmail baru yang baru saja Anda buat - Buka inbox, baca pesan dari facebook. Silakan klik link verifikasi.

Kalau sudah beres, saya mengucapkan Congratulation lagi karena facebook Anda sudah MANTAP (oke)

Bersyukurlah !!! karena akun facebook Anda sudah pulih. Anda harus pintar mengatur, menjaga privasi akun facebook Anda. Semoga saja tidak ada orang yang mengotak-atik / mengacak-acak akun facebook Anda lagi, Amin :)
Jika merasa ada yang mencurigakan, silakan ganti kata sandi facebook Anda se-segera mungkin (Baca : Mengubah Password Facebook).

Gunakan fasilitas yang ada di fb dengan sebaik-baiknya. Ambil sisi positif dari facebook, selain itu jangan sekali-kali memanfaatkan facebook untuk melakukan hal yang negatif !

No comments:

Post a Comment