Wednesday, September 14, 2011

Cara Bermain Rubik 3x3x3

Cara Bermain Rubik 3x3x3
Kali ini Doni Aliyanto akan share tentang Cara Bermain Rubik 3x3x3  Rubiks Cube, adalah permainan lama yang hingga kini masih tetap menjadi mainan otak jaman sekarang. Bukan hanya anak kecil. Orang dewasa pun sangat jarang yang bisa menyelesaikan. Rubiks Cube, yang paling umum dijual di pasaran adalah Rubiks Cube 3 x 3 x 3. Warna standard dari rubic tersebut adalah Merah, Kuning, Hijau, Putih, Biru, Orange. Memang sepintas Rubiks Cube seperti akan sangat rumit diselesaikan. Karena menyelesaikan sisi satu, akan selalu mengubah sisi yang lainnya. Namun jika anda bisa menyelesaikan permainan ini tentu akan sangat menyenangkan sekali.. :) Di permainan yang akan saya jelaskan nanti ada beberapa tahap yang harus di perhatikan. Di mulai dari stage 1, stage 2, stage 3, stage 4, stage 5, dan stage 6.

Stage 1 :
Bagian tepi (Edge Pieces): terlihat ada 2 warna yangmenonjol. bagian tepi ini ada 12 terletak di baris tengah.





Bagian Ujung (Corner Pieces): Terlihat ada 3 warna, bagian ujung ini ada 8 terletak di baris ujung







Bagian Pusat (Center Pieces) : Terlihat ada 1 warna, bagian pusat ini ada 6 terletak di tengah - tengah, bagian ini tidak akan berubah letaknya.






Stage 2 : Membuat warna putih menjadi plus ( + )
Jadikan warna putih sebagai patokan warna anda supaya lebihmemudahkan anda untuk menyelesaikan rubik ini. anda harus membuat warna putih ini menjadi plus seperti tampak gambar disamping. jika ini sudah bisa diselesaikan dengan baik maka anda bisa melanjutkan ke stage selanjutnya.


Tips : tidak perlu di khawatirkan jika ada salah satu ujung rubik ini berwarna putih. tujuannya yaitu menyelesaikan warna putih menjadi plus.

Stage 3 : Menyelesaikan ujung yang berwarna putih









jika sudut bagian sudah di depan muka, kemudian memutar wajah bawah sampai sudutlangsung di bawah lokasi yang dimaksudkan.sekali dalam posisi kubus Anda mungkin terlihat seperti salah satu dari 3 gambar di sebelah kanan.

kemudian lakukan trik ini sebanyak 1x, 2x atau 3 kali sampai pada posisi yang benar.






Tips : Lakukan trik ini ke empat ujung rubik.

Jika bagian ujung berada di atas, pindahkan ke bawah seperti trik dibawah ini :





Selamat !
Jika kamu telah menyelesaikan rubik seperti disamping ini, berarti kamu telah berhasil dan bisa melanjutkan ke stage 4.





Stage 4 : Menyelesaikan lapisan tengah

Setelah kamu menyelesaikan semua lapisan warna putih, sekarang kamu harus menyelesaikan
lapisan tengah dengan menggunakan patokan bagian tepi, seperti yang sudah saya uraikan di stage 1.

Sekarang lihat gambar disamping saya, putar untuk U (atas) Sehingga sama seperti gambar ini. perhatikan gambarnya, warna harus sama sejajar dan lihat kalau arah warna biru ke jika sudah sekarang kamu lihat trik yang ada dibawah ini.





Sekarang lihat gambar disamping saya, putar untuk U (atas) Sehingga sama seperti gambar ini. perhatikan gambarnya, warna harus sama sejajar dan lihat kalau arah warna biru ke jika sudah sekarang kamu lihat trik yang ada dibawah ini.





selamat anda tlah berhasilll,,,,






Stage 5 : Memecahkan bagian atas layer, dan mendapatkan warna kuning plus ( + )

Cara Memegang Rubik :
1. Cocokkan rubik kamu dengan yang ada pada salah satu gambar dibawah ini sehingga kamu bisa mendapatkan warna kuning plus.
2. Ikuti petunjuk di bawah ini dengan benar

Tips: pada bagian ini, arah rubik ke wajah tidak berpengaruh sehingga kamu bisa
bermain di bagian depan mana saja.



kondisi 1:

Jika kamu sudah langsung masuk ke kondisi ini, kamu bisa langsung kestep ke 2.



kondisi 2 :






kondisi 3 :






Kondisi 4 :



Step ke 2 :Menyelesaikan layer bagian atas dengan membuat bagian ujung berwarna kuning.






kondisi 1 : Perhatikan tanda panah, ada warna kuning. pada sisi ini berhadapan dengan wajah kamu.




kondisi 2 : Kondisi ini terlihat ada 1 warna kuning d atas. sehingga menyerupai bentuk ikan. lakukan dengan wajah berada di tepat di depan.



kondisi 3 : kondisi ini dimana kondisi kuning berada di sebelah kiri. wajah tepat berada di depan yang berwarna kuning seperti yang dilihat dengan penunjuk panah.



Lakukan terus berulang ulang dengan rumus di atas ini sehingga nanti semua warna kuning telah selesai terbentuk seperti gambar di samping ini.


Jika kamu telah menyelesaikan rubik seperti disamping ini, berarti kamu telah berhasil dan bisa melanjutkan ke stage 6. :)


Stage 6 : Posisi warna kuning bagian ujung telah benar sesuai dengan letaknya.
lihat posisi A,B atau bentuk diagonal A,D, dan B,C posisi ini merupakan bagian yang klop atau benar dari ujung2nya. posisi wajah kita berhadapan dengan posisi yang sesuai dengan ujung - ujungnya.


Jika posisi A, B benar dan ingin memindahkan posisi C, D gunakan trik ini

lakukan hal yang sama jika posisi B,C Atau posisi A,D yang benar.




Jika posisi 1 tepi benar dan ketiga tepi masih salah, maka posisi yang benar berada di belakang wajah. kemudian lihat bagian tepi yang salah, kearah mana posisi yang salah akan dipindhkan.



Jika posisi tepi belum ada yang benar, upayakan salah satu ada yang benar sehingga posisi tetap berada pada posisi seperti di atas.




trik ini untuk siklus E F G dan E F G H serah jarum jam

trik ini untuk siklus E F G dan E F G H berlawanan arah jarum jam

Cara Bermain Rubik 3x3x3
Selesai sudah tahap2nya... Selamat mencoba ya tapi jangan bertanya ya gimana habis aku cuma mo bantu kalian aku aja belum bisa hahahahahaaaa..........

No comments:

Post a Comment