Monday, May 16, 2011

Jakarta akan Terancam Gempa 8,7 Skala Richter

Jakarta akan Terancam Gempa 8,7 Skala Richter


gp-ansor.org (ilustrasi)
gp-ansor.org (ilustrasi)
JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mensinyalir Jakarta dan sekitarnya akan digoyang gempa berkekuatan 8,7 Skala Richter.

Ahli Gempa LIPI, Dani Hilman mengatakan, pusat gempa berkekuatan 8,7 SR berada di Selat Sunda, bahkan menurutnya potensi kekuatan gempa bisa diatas 8,7 SR.

"Potensinya ada, tapi kita belum bisa mengatakan secara detail karena ini masih dalam penelitian kita jadi datanya sekarang masih sedikit," tegasnya saat berbincang dengan okezone (16/5/2011).

Apa yang dikatakannya bukan tanpa alasan, selain sedang melakukan penelitian, Dani mengatakan Selat Sunda merupakan terusan dari Mentawai yang sudah lebih dulu diguncang gempa. "Slat Sunda merupakan terusan dari Mentawai, tapi nanti akan kita kaji lebih dalam lagi," paparnya.

Dia mengatakan tujuannya melakukan penelitian untuk mengetahui kemungkinan terjadinya gempa, selain itu agar pemerintah dan masyarakat bisa bersiap mengantisipasi kemungkinan tiba-tiba terjadi gempa. "Jadi sebelum terjadi kita sudah harus siap, jangan tiba-tiba terjadi kita kaget," ujarnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana Andi Arief juga mengatakan hal yang sama, Jakarta berpotensi diguncang gempa berpotensi tsunami skala sampai 8,7 SR.

"Jakarta menyimpan potensi, berpusat di Selat Sunda. Dahulu ada pelepasan energi yang sangat besar di sana, sehingga ada gempa besar 8,7 SR di jakarta. Saat ini sedang kita modelling," katanya di Jakarta kemarin.

No comments:

Post a Comment